Perkembangan kognitif Vygotsky
Taukah anda tentang hal ini????
Perkembangan kognitif Vigotsky ini dapat meningkat jika didampingi orang yang lebih ahli atau dengan instruktur. Pencetusnya adalah orang cerdas yang bernama Lev Vygotsky pada tahun 1896-1934. Waahhh orang dulu banyak yang cerdas iaah…kenapa anak zaman sekarang justru lebih malas..???!!!;)
Sudahh tahukah anda mengenai ZPD??
ZPD (Zona of Proxima Development)ini ini juga dikenal dengan zona diman anak mampu menguasai suatu keahlian. Maksudnya adalah pada masa ini anak tidak mampu mengerjakan tugasnya sendiri, dimana ia memerlukan bantuan dari orang dewasa yang telah terampil. ZPD ini ada batas bawah dan batas atasnya loohh…Yang dimaksud dengan batas bawah ZPD adalah level pemecahan masalah yang di capai oleh anak secara mandiri. Sedangkan batas atas ZPD adalah level tanggung jawab tambahan yang dapat di terima oleh anak dengan bantuan seorang instruktur yang mampu. bawah adalah tingkat keahlian yang dimiliki anak secara alami. Kalo ZPD atas itu adalah tingkat keahlian tambahan yang dimiliki anak dengan bantuan dari orang yang lebih ahli (instruktur).
Nahhh sekarang pasti belum banyak yang tahu menenai Scaffolding…
Scaffolding merupakan pemberian bantuan yang besar kepada anak selama tahap-tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan tersebut sehingga memberikan kesempatan kepada anak untuk mengerjakan pekerjaannya sendiri dan mengambil alih tanggung jawab pekerjaan itu. Bantuan yang diberikan bisa berupa petunjuk, peringatan, dorongan menguraikan masalah kedalam bentuk lain yang memungkinkan anak agar dapat lebih mandiri.
Mari kita mambahas mengenai perkembangan bahasa Vygotsky
Tau ngaakk…??? Komunikasi kita diawali dengan tangisan yang akhirnya berkembang menjadi sebuah kata-kata yang berbentuk bahasa. Bahasa ini mencakup segala bentuk komunikasi, baik yang diutarakan dalam bentuk lisan, tulisan, bahasa isyarat, gerak tubuh, ekspresi wajah, dll. Sedangkan bicara adalah bahasa lisan yang merupakan bentuk yang paling efektif untuk berkomunikasi, Perkembangan bahasa selalu meningkat sesuai dengan meningkatnya usia anak. Pada anak usia dini bahasa digunakan orang tua untuk merencanakan, membimbing dan memonitor aperilaku anak. Ada istilahh private speech juga loohh…. Private speech adalah penggunaan bahasa untuk kemampuan kemandirian pribadi yang ada di pemikirannya lebih gampangnya bicara kepada dan untuk dirinya sendiri. Pada usia 3-7 tahun dimulailah masa transisi yaitu anak mampu bebicara scara eksternal (bicara dengan diri sendiri yang diungkapkan) dan secara internal (berbicara dengan diri sendiri yang tidak diungkapka/berbicara dalam hati/dibatin saja). Biasanya anak yang melakukan private speech mereka lebih focus dan mempunyai kinerja yang lebih baik lloohhh...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar