Kemampuan dasar anak prasekolah dapat diukur menggunakan Boehm Test of Basic Concept-Preschool Version, dimana Boehm-Preschool didesain untuk mengukur pengetahuan anak tentang 26 konsep relasional (52 item) dasar, yang dipandang penting untuk dicapai dalam permulaan tahun-tahun sekolah. Secara individual, ini dapat digunakan pada anak usia 3 – 5 tahun, dan untuk anak yang lebih tua, yang mempunyai kebutuhan pendidikan khusus.
Dari Boehm Test of Basic Concept-Preschool Version orang tua dapat mengetahui pengetahuan tentang konsep dasar anak, contohnya anak dapat atau tidak mengikuti perintah dari guru, memahami instruksi dari orang yang lebih dewasa, mampu atau tidak berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Konsep relasional mengacu pada karakteristik dari orang dan objek, seperti: Ukuran (paling tinggi), arah (atas-bawah), jumlah (banyak-sedikit) dan waktu (sesudah-sebelum).
Seiring perkembangan diduni pendidikan banyak sekali sekolah yang didirikan untuk anak-anak.orang tau harus lebih selektif dalam menentukan pendidikan untuk anaknya. Macam-macam sekolah yang ada sekarang ini nsangatalah beragam, diantaranya:
- Day Care
Day Care adalah salah satu bentuk usaha kesejahteraan anak bagi anak yang orangtuanya tidak berkesempatan menyelenggarakan usaha kesejahteraan anak pada waktu mereka bekerja, yang juga menyelenggarakan pendidikan prasekolah bagi anak usia 3 tahun sampai memasuki pendidikan dasar.
- PAUD
Paud adalah metode pengajaran yang sesuai untuk anak usia dini (khususnya usia 3 – 4 tahun) merupakan metode belajar dengan cara bermain. Dengan bermain, anak mendapatkan masukan-masukan untuk diproses bersama dengan pengetahuan apa yang dimiliki. 3 prinsip penting dalam pelaksanaan metode pendidikan:
1. Memperhatikan segala pembiasaan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan anak sesuai dengan perkembangannya, dengan cara pembelajaran yang disesuaikan dengan cara belajar anak yang khas, spontan tanpa tekanan melalui bermain.
- Lingkungan pembelajaran (the learning environment) yang diusahakan sama dengan keadaan dan lingkungan anak yaitu rumah.
- Peran guru (the role of the teacher) sebagai fasilitator yang mengikuti kebutuhan anak.
- Taman Kanak – Kanak
Taman kanak adalah transisi dari kehidupan keluarga ke kehidupan sekolah. Taman kanak-kanak terdapat dua tingkat, yaitu TK A dan TK B. Pembagian ini biasanya hanya didasarkan pada umur, kecuali untuk kasus khusus dimana anak dianggap belum mampu untuk naik kelas walaupun umurnya sudah mencukupi.
- Sekolah dasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar